Langsung ke konten utama

PERBEDAAN ARSITEKTUR LATE-MODERN, POST-MODERN DAN NEO-MODERN

Arsitektur telah mengalami berbagai perubahan dan perkembangan seiring berjalannya waktu. Setidaknya ada tiga pendekatan arsitektur yang menonjol dalam arsitektur yaitu arsitektur late modern, postmodern, dan neo modern. Berikut perbedaan dari gaya yang terlihat:

Late-Modern

1950-an hingga 1970-an

Post-Modern

1960-an hingga 1980-an

Neo-Modern

tahun 1960-an hingga sekarang

Kesederhanaan

Penolakan terhadap keseragaman

Fleksibilitas dan adaptabilitas

Penekanan pada fungsi

Penggunaan referensi historis

 

Eksplorasi bentuk

Penggunaan bahan industry

Penggunaan detail ornament

 

Penggunaan bahan-bahan alami

Bentuk bangunan geometris

Permainan skala dan warna

Pendekatan yang berfokus pada kenyamanan penghuni

Penekanan pada struktur

Penekanan pada citra dan simbol

Desain ramah lingkungan

 

Contoh Bangunan Late-Modern

Guggenheim Museum-Frank Lloyd Wright

Description: The History Behind Frank Lloyd Wright's Guggenheim Museum New York

Guggenheim Museum, New York City: Dirancang oleh arsitek Frank Lloyd Wright, museum ini memiliki bentuk unik yang menyerupai sebuah spiral. Bangunan ini terkenal dengan atapnya yang melengkung dan dinding luar yang terbuat dari beton berwarna putih.

Description: Museum Guggenheim Arsitektur New York

Bangunan ini menggunakan beton bertulang sebagai material utama dan dilengkapi dengan kaca yang melapisi sepanjang bangunan. Bentuk spiralnya memungkinkan pengunjung untuk melihat koleksi seni yang dipamerkan dengan cara yang unik. Ketika pengunjung berjalan melalui rampa yang melingkar, mereka dapat melihat karya seni dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Contoh Bangunan Post-Modern

Mode Gakuen Cocoon Tower-Tange Associates

Description: Tokyo Mode Gakuen Cocoon Tower, Design School building, Shinjuku, Tokyo,  Japan, Asia[20062047121]の写真素材・イラスト素材|アマナイメージズ

Mode Gakuen Cocoon Tower adalah sebuah gedung sekolah yang terletak di distrik Shinjuku, Tokyo. Dirancang oleh arsitek Tange Associates, bangunan ini memiliki desain postmodern yang mencolok dengan bentuk yang berliku-liku dan membulat. Gaya arsitektur postmodern terlihat dalam pemilihan bentuk yang ekspresif dan penggunaan material serta warna yang berbeda-beda pada setiap tingkatnya.

Description: https://i0.wp.com/www10.aeccafe.com/blogs/arch-showcase/files/2015/10/Southwest_night.jpg

Salah satu fitur menarik dari Mode Gakuen Cocoon Tower adalah penggunaan lapisan eksterior yang terbuat dari panel aluminium dengan warna perak yang mencerminkan cahaya dan lingkungan sekitar. Lapisan eksterior yang mengkilap menciptakan tampilan yang mencolok dan memberikan kesan modern serta futuristik.

Contoh Bangunan Neo-Modern

Hongkong Shanghai Bank- Lord Norman Foster

Description: http://student-activity.binus.ac.id/himars/wp-content/uploads/sites/3/2022/11/1-4-1.png

Hongkong Shanghai Bank dibangun oleh pelopor arsitektur high tech, Norman Foster. Salah satu bangunan dengan arsitektur high tech ini dibangun pada 1979 hingga 1986 di Hongkong, China. Hong Kong Bank memiliki tinggi 178.8 meter, dengan luas 99.000 m2, terdapat 44 lantai. Hong Kong Bank dirancang oleh Arsitek Inggris, Lord Norman Foster dengan Wimpey internasional sebagai kontraktor utamanya.

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/38/HK_HSBC_Main_Building_2008.jpg

Hongkong Bank menganut gaya modern dan ekspresionisme struktural dengan menampilkan warna dominan abu-abu muda, untuk mengangkat image high – tech architecture. High – tech architecture merupakan langgam arsitektur yang mengekspose teknologi, struktur dan utilitassehingga menjadi elemen yang menarik dan memberi kesan futuristik. Bangunan ekspresionis structural memperlihatkan strukturnya pada bagian luar maupun di dalam, namun penekanan visual ditempatkan pada baja internal atau struktur rangka beton sebagai perbandingan dengan dinding eksterior beton. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangunan Hijau di Indonesia: Mayapada Hospital Bandung

Pembahasan Ruang Lingkup Arsitektur "Karya Seni Terukur"

Heydar Aliyev Centre-Zaha Hadid "Assalamu'alaikum teman-teman, perkenalkan nama saya Fitri Oktarina mahasiswa Arsitektur Universitas Tridinanti Palembang. Diblog ini saya akan menuliskan sebuah ilmu pengetahuan dalam bidang Arsitektur dan karya ini saya buat untuk memenuhi tugas UAS dalam mata kuliah Pengantar Arsitektur yang dibimbing oleh Ibu Aditha Maharani, S.T, M.T. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat membaca." A. Pengertian Arsitektur Arsitektur didefinisikan sebagai “The Art and Science of Designing and Constructing Buildings” atau Sebuah Seni dan Ilmu Merancang dan Membangun Bangunan. Produk atau hasil dari kerja arsitektur: Bangunan, Area Urban (Perkotaan), dan Landscape (Tata Taman) Etimologi Kata “Arsitektur” Kata arsitektur berasal dari bahasa yunani ‘arkhitekton’ yang berarti sebuah kombinasi dari ‘arkhi’ (chief/master) dan ‘tekton’ (mason/builder). Arsitektur termasuk ilmu dan profesi tertua dalam sejarah. Hal ini dikarenakan manusia membutuh

Pendekatan Arsitektur: Arsitektur Tepian Air